Senin, 10 November 2014

Efek Negatif Dan Postif Nonton Drama Korea

WARNNING!!!
 NONTON DRAMA KOREA DAPAT MENYEBABKAN KANTUK, KANKER (kantong Kering),MERUSAK JANTUNG,MATA PENCAHARIAN, DAN KETAWA SENDIRI.
Beberapa waktu yang lalu, ketika komen-komen status salah satu dosen di facebook, tanpa di duga-duga muncullah Efek Negatif Nonton Drama Korea. Sumpah, itu benar-benar bikin gue speechless, alias ngena banget gitu sama yang gue alamin dan gue rasakan. Dalam salah satu komentarnya, dipaparkanlah Efek Negatif Nonton Drama Korea.
Efek Negatif Nonton Drama Korea (berdasarkan observasi):
  1. Jadwal tidur terganggu (tidak jelas antara siang dan malam)
  2. Terjebak dalam perasaan tak menentu (seolah2 jadi pemeran utama)
  3. Style berubah (bahasa, berpakaian,dll)
  4. Malas mandi, makan, shalat, dan segala jenis malas lainnya.
  5. Tidak komitmen pada diri sendiri (katanya cuma mau nonton sampai episode 1, eh ternyata…)
  6. Tidak tepat waktu (jangan sekali2 buat janji dengan orang yang habis nonton film korea, bisa dipastikan mereka akan tidur lebih lama dari menonton)
  7. mengganggu kesehatan lahir dan batin
  8. ………
  9. ………

Bagaimana chingu-chingu semua yang juga pencinta Drama Korea? Apakah itu menurut chingu hanyalah omong kosong atau chingu juga ikut merasakan hal yang demikian?
Kemudian, setelah itu kami juga melakukan riset di internet tentang Efek Negatif Nonton Drama Korea, berikut kami lampirkan hasil temuan riset abal-aba; yang kami lakukan tersebut, sebagai tambahan dari apa yang telah dikemukan di atas.
1. Disangka orang gila. Wah wah hati – hati loh disangka gila sama orang di rumah. Soalnya pas nonton drama korea kita tuh terbawa alur cerita sampe – sampe tanpa sengaja kita ketawa dan bahkan nangis – nangis sendiri karena ceritanya yang begitu dramatis dan mengharu biru kelabu pink jingga ungu.

2. Lupa waktu. Nah di beberapa stasiun televisi di Indonesia lagi musim drama korea, ada banyak drama korea yang bisa kita tonton. Ngga tanggung – tanggung dari awal kita bangun pagi sampe lewat tengah malam ada aja jadwal drama yang diputer. wes..wes hati – hati jangan sampe lupa tugas sekolah (wah bahaya banget apalagi kalo gurunya killer), lupa makan, lupa tidur, lupa mandi (iii baunya), dan yang paling penting nie nomor 3..

3. Lupa akan dunia nyata. Nah ini nih yang sangat luar biasa super berbahaya yaitu ketika kita terlalu menghayati cerita. Setelah nonton kita cenderung berhayal bahwa kita adalah salah satu pemeran dari film tersebut. Kita ngikutin semua gaya sang tokoh, ngikutin cara ngomongnya, cara jalan, cara makan. Sampe – sampe kita lupa akan identitas kita yang sebenarnya.. (hilang-ingatan.com)
4. Jadi ga suka produk dalam negri. Nah buat kita semua para pecinta drama korea, walaupun kita ngfans tingkat tinggi sama drama – drama yang sangat menyentu itu jangan sampe kita lupa akan produk dalam negri, seperti produk baju, aksesoris, cowo (cowo juga termasuk kedalam produk soalnya setelah keseringan nonton kita biasanya jadi lebih tertarik sama cowo dengan style korea)

5.Belajar bahasa korea. Setiap hari nonton drama berbahasa korea seoalah kita berkomunikasi dengan mereka. Ada kata-kata dalam bahasa korea yang sering kali teringat di memori. Misalnya saranghe,oppa,mianhe,atau ajuma.

6. Jiwa ketinggalan di cerita. Kebayang terus setiap adegan dalam cerita. Seperti orang yang kesurupan atau lagi patah hati. Hati berbunga kayak yang lagi jatuh cinta. Banyak melamun dan lola atau loading lama.Senyum-senyum sendiri, ketawa sendiri, atau nangis sendiri. Jika ditanya soal kerjaan susah nyambung tapi kalau dipancing tentang drama nyerocos seperti petasan meledak. Titik efek samping bahaya di sini yaitu kalo udah merasa semua cerita adalah pengalaman nyata diri sendiri.
7.Efek samping nonton drama salah satunya jadi ingin belajar bahasa korea. Ngomong bahasa korea, update status bahasa korea,denger lagu korea. Tingkat paling parah dari efeksamping ini adalah punya target bisa nonton drama korea tanpa teks.Jadi kurang gaulPulang kerja dan waktu libur nonton drama. Betah di rumah nonton seharian menyebabkan kita ga pernah pergi jauh kemana-mana kecuali di depan tv,ke kamar mandi dan ke dapur kalau laper. Efek samping ini bisa menyebabkan jadi kurang gaul karena jarang ketemu sama orang lain. Informasi dan berita juga jadi ketinggalan sebab tv ga pernah dinyalain kecuali buat muter dvd. Atau chanel tv yg diliat chanel tv korea. Lebih cepet tahu kalau Lee min ho kecelakaan dari pada Artis di Indonesia meninggal
8. Jadi kurang  gaul. Pulang kerja  dan waktu libur nonton drama. Betah di rumah nonton seharian menyebabkan kita ga pernah pergi jauh kemana-mana kecuali di depan tv,ke  kamar mandi dan ke dapur kalau laper. Efek samping ini bisa menyebabkan jadi kurang gaul karena jarang ketemu sama orang lain. Informasi dan berita juga jadi ketinggalan sebab tv ga pernah dinyalain kecuali buat muter dvd. Atau chanel tv yg diliat chanel tv korea. Lebih cepet tahu kalau Lee min ho kecelakaan dari pada Artis di Indonesia meninggal.
9. Cari tahu tentang all about korea. Berawal dari nonton drama trus jadi penasaran soal segala sesuatu di korea. Makanan, kebiasaan, budaya , segala sesuatunya di cari tahu. Dan itulah hebatnya ornag-orang korea bikin drama. Tema cerita bukan hanya soal percintaan, perebutan harta, balas dendam atau anak yang tertukar. Tema dan genre cerita lebih variatif. Mereka melatarbelakangi percintaan dengan kehidupan pekerjaan tokoh utamanya dengan jelas dan nyata. Jang geum seorang juru masak jaman kerajaan, Full house tentang dunia artis dan penulis, kehidupan tukang roti, jaksa, polisi, walikota, sampai  rentenir. Drama mencerminkan kehidupan sehari-hari korea secara utuh. Akhirnya penonton jadi penasaran soal segala sesuatu tentang korea. Pengen nyoba masakan korea, pengen nyoba baju korea, pengen pergi ke korea, pengen punya pacar orang korea (buat jomblo) menjadi sebuah mimpi. Pengen jadi warga korea adalah efek samping berbahaya.
Namun, juga terdapat beberapa Efek Positif dari Terlalu Sering Nonton Drama Korea yang kami temukan di internet. Di antaranya adalah sebagai berikut.
Efek Positif dari Terlalu Sering Nonton Drama Korea
1. Dapat hiburan yang berkualitasJujur ya bukannya aku ngga suka sinetron Indonesia tapi ceritanya itu loh panjaaaaaaaaaaaaang dan kurang berkesan (maaf ya kalo ada yang tersingguang tapi ini jujur dari dalam hati yang terdalam lho)
2. Kenal budaya, bahasa dan kebiasaan bangsa lain (yaitu bangsa korea)Ya sebagai manusia dengan keragaman bangsa bukankah kita harus saling mengenal?? selain itu tanpa sengaja kita bisa belajar bahasa korea,, ya itung – itung les gratiss.
3. Punya banyak kenalan baru. Nah saking banyaknya penggemar drama korea, maka bermunculan lah berbagai fansclub drama korea ini, sehingga kita bisa kenalan sama banyak orang yang juga sangat suka drama korea.
Bagi yang udah parah banget kecanduna nonton Drama Koreanya, berikut kami sediakan Tips sederhana yang dapat mengatasi hal tersebut.
Cara mengatasi Akibat Negatif Kebanyakan Nonton Drama Korea
1. Pas nonton mendingan barengan, misalnya sama temen atau sama mama juga ok, ya biar kalo kita ketawa ada yang nemenin ketawa. Kalo kita nangis ada yang nemenin kita nangis. Nah kalo ga ada yang mau nemenin gimana? ya usahakan ketawa sama nagisnya jangan kenceng – keceng biar ngga ketauan tetangga.. heee
2. Bikin jadwal nonton, pilih 1 – 2 judul drama / hari. Jangan sampe kita nonton semuanya.
3. Bersyukur akan diri sendiri. Nah dengan bersyukur kita tidak akan lupa betapa indahnya hidup kita sehingga kita ngga akan 100% terhipnotis menjadi salah satu tokoh di drama yang kita tonton.
4. Hargailah produk dalam negri. Ingat pepatah rumahku surgaku, maka semua yang ada dirumah kita itu biasanya yang terbaik juga buat kita.
Sedangkan Manfaat Nonton daram Korea secara khusus untuk Pria alias Cowok juga ada. Berikut kami sajikan hasil sadur secara bebas dari tempat tetangga.
1. Penyegaran Mata
Cewek-cewek yang ada di drama Korea itu cantik-cantik. Kadek Devi, Acha Septriasa, Prisia Nasution, sama Kinaryosih, dan cewek-cewek yang langganan main di FTV mah lewat. Cewek-cewek di drama Korea ini lebih charming, lucu, dan gemesin. Makanya, drama-drama Korea itu bikin mata lelaki segar, bercahaya, dan tampak lebih putih dalam dua minggu. Lah, ini ngomongin mata apa kulit?
2. Bisa Buat Bahan Fantasi
Buat cowok, khususnya yang jomblo, atis-artis drama Korea itu bisa banget jadi bahan imajinasimu. Mereka bisa kalian bayangkan sebagai pacar kalian, tante, atau bahkan mamah kalian. Buat cewek yang imut, bisa dibayangkan dia adalah pacar. Cewek yang keibuan, bisa dibayangkan sebagai ibu kalian. Atau ada artis Korea yang wajahnya kayak pembantu, bisa juga kalian imajinasikan sebagai bibi-bibi yang suka bersihin rumah kalian.
3. Sumber Inspirasi
Cowok itu tipe orang pemikir. Cowok juga biasanya punya banyak kegiatan yang membutuhkan banyak inspirasi. Nah, drama Korea juga bisa jadi bahan inspirasi kamu. Buat kamu yang penulis, bisa lah beberapa cerita dijadikan inspirasi untuk tulisanmu. Tapi bukan diplagiat ya.
Atau ada juga di antara kalian yang suka banget bikin video, nah drama Korea juga bisa jadi bahan pelajaran. Di drama Korea itu, sudut pengambilan gambarnya, teknik pengambilan gambarnya bagus-bagus. Dari situ bisa kita jadikan sebagai bahan pelajar buat ngasah kemampuan ber-video kita.
4. Meningkatkan Kesensitifan
Drama Korea itu penuh drama (yaiyalah, namanya juga drama), di sana kita bisa menemukan banyak adegan sedih, nangis, sampai nangis bercucuran darah. Adegan-adegan sedih itu biasanya menyentuh hati penontonnya, termasuk hati cowok-cowok.
Sentuhan itu sebaiknya jangan ditolak mentah-mentah, cobalah terima dengan masak-masak. Karena dengan adanya sentuhan ke hati itu, itu bisa meningkatkan kesensitifan seorang cowok. Dengan melihat adegan dramatis di drama Korea itu, cowok bisa jadi orang yang perasa dan bisa dengan cepat menangkap perasaan cewek. Secara, cewek-cewek kan banyak yang suka nonton drama Korea. Cowok-cowok bisa latihan jadi peka.
Efek jadi sensitif ini bagus. Cowok yang asalnya cuek sama cewek, jadi bisa ngerti perasaan cewek. Cowok yang asalnya gak pernah ngertiin kode cewek, jadi bisa dengan cepat menafsirkan kode-kode cewek tersebut. Cowok yang matanya cuma bisa ngedip dan tidur, sekarang sedikit-sedikit bisa netesin air mata. Air mata buaya. 
5. Buat Modusin Cewek-Cewek
Cowok biasanya kehabisan bahan obrolan dengan cewek. Nah dengan adanya drama Korea ini, cowok jadi bisa punya bahan omongan sama cewek. Hampir semua cewek di Indonesia itu nonton drama Korea, jadi cowok bisa dengan gampang nyambungin obrolan sama cewek-cewek.
Kalau lagi diem, coba aja langsung tanya, “Kamu pernah nonton film Boys Before Flowers gak?” Pasti cewek-cewek langsung jawab dengan agresifnya, “IYA IYA AKU NONTON! ITU LEE MIN HO-NYA CAKEP BANGEEET!!! BEDA SAMA KAMU!!!” #KemudianGagalJadian
 Itulah kurang lebih manfaat menonton drama Korea buat cowok. Meski terkesan dipaksakan, tapi manfaat itu diharapkan benar-benar bisa diterapkan oleh para cowok.

Nah, inilah hasil dari riset di Internet tentang Efek Positif Dan Negatif Dari Kebanyakan Nonton Drama Korea (Lebih Pada Pengalaman Pribadi Sih Sejujurnya. Heheee.. :P)

Cr : http://foeld.wordpress.com/2014/05/19/efek-negatif-dan-postif-nonton-drama-korea/

0 komentar:

Posting Komentar