Senin, 10 November 2014

Masakan Indonesia Disajikan di Restoran Bintang Lima

Masakan Indonesia Disajikan di Restoran Bintang Lima

KBRI Seoul bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Hotel Lotte mengadakan Indonesian Food Festival di restoran La Seine di Hotel Lotte, Seoul.

Festival berlangsung dari tanggal 28 September sampai dengan 2 Oktober 2014. Tujuan dari festival ini adalah memperkenalkan makanan Indonesia kepada masyarakat Korea terutama untuk kalangan menengah ke atas. Masakan yang disajikan oleh koki terkenal asal Indonesia, William Wongso, berupa set masakan Indonesia yang merupakan bagian dari 30 Ikon Kuliner Tradisional Indonesia (IKTI) yaitu Asinan Jakarta, Salada Bangka, Soto Ayam Lamongan, Rendang, Ayam Pangek Cabe Hijau, Asem Padeh Kakap, Sate Lilit dan Kue Lumpur Kolak Pisang.

Kemeriahan festival ini dibuktikan dengan penuhnya reservasi di restoran La Seine selama kegiatan ini dilaksanakan. Setiap harinya para koki di restoran La Seine menyajikan lebih dari 400 porsi berbagai jenis makanan termasuk makanan Indonesia.

Saya sebagai Duta Besar Indonesia mengundang berbagai pihak untuk dapat ikut menikmati makanan Indonesia, terutama tokoh tokoh pimpinan perusahaan besar dengan harapan menumbuhkan kesan kepada warga Korea bahwa banyak makanan Indonesia yang lezat dan bertaraf Internasional.

Di sela-sela acara Indonesian Food Festival, saya juga menghadiri acara coaching clinic makanan Indonesia  yang juga dipimpin oleh Wiliam Wongso. Acara diadakan di KBRI Seoul pada tanggal 30 September 2014.

Acara Coaching Clinic,  yang sasarannya untuk memperkenalkan makanan Indonesia kepada orang Korea dan orang asing lainnya ini dihadiri oleh mixed marriage, anggota Seoul Woman Internasional Association, beberapa orang Korea pemilik usaha catering dan restoran, diaspora Indonesia lainnya dan Dharma Wanita. Dalam acara Coaching Clinic para peserta belajar membuat Asinan Jakarta, Rendang dan Sate Lilit.

Para peserta terlihat menikmati pelajaran yang didapat dan mengikuti arahan dari koki Wiliam Wongso dengan serius. Setelah selesai para peserta terkesan dan puas dengan hasil masakannya sendiri dan langsung dapat menikmatinya banyak dari mereka sangat terkesan atas kegiatan tersebut dan baru menyadari betapa masakan Indonesia juga sangat lezat dan berkelas Internasional.

Saya mendorong Food Festival ini dilaksanakan disalah satu restoran Internasional pada hotel Lotte yang merupakan salah satu hotel bintang lima terkenal agar masyarakat Korea menjadi aware bahwa Indonesia sesungguhnya kaya akan makanan lezat dan berkelas Internasional.

Acara ini merupakan bagian dari soft diplomacy, selain itu  saya mengharapkan agar kegiatan ini dapat membuka jalan pada masa yang akan datang bisa dibuka restoran Indonesia berkualitas Internasional di Korea Selatan. [KoreaKini]

Penulis adalah Dutabesar Republik Indonesia untuk Republik Korea


Cr  : http://www.koreakini.com/read/2014/10/05/496/Masakan-Indonesia-Disajikan-di-Restoran-Bintang-Lima-

0 komentar:

Posting Komentar