Senin, 17 November 2014

Hak Asasi Manusia


Yaitu :
1.     Pertama-tama harus menghormati HAM orang lain dulu, misalnya dengan menghormati kegiatan ibadah orang yang berbeda agama, menghargai pendapat orang lain yang berbeda dengan kita.
Komentar : toleransi dalam beragama adalah contoh perilaku terpuji / menghormati SALAH SATU Hak Asasi Manusia.

2.     Mendukung berbagai upaya penegakan HAM.
Komentar : gambar diatas adalah contoh upaya penegakan HAM yaitu dengan menyebarluaskan informasi-informasi tentang HAM.


3.   hak memperoleh kesempatan yang sama dalam pemerintahan.
Komentar : kaya miskin, tua muda dan lain lain dapat memperoleh kesempatan untuk memilih hak pilih. Gambar diatas adalah salah satu hak asasi manusia.

4.      Hak asasi Kebudayaan (culture right), misalnya hak untuk mengembangkan kesenian atau kebudayaan serta hak untuk mendapat kehidupan yang layak.
Komentar : kebudayaan atau kesenian adalah contoh Hak Asasi manusia.









5.      Hak asasi sosial, misalnya hak untuk meperoleh pendidikan.
komentar : pendidikan adalah salah satu contoh hak asasi manusia.

6.     Pelanggaran HAM perlindungan anak.
Komentar : anak pada usia dini memerlukan perlindungan khusus agar menjadi penerus bangsa Negara kita, jadi kita harus mendidiknya bukan dianiaya seperti gambar diatas.
7.     Pelanggaran HAM polri.
Komentar : polri tidak boleh menganiaya korban sembarangan karena korban tersebut belum dimintai keterangan dan belum menjalankan proses hukumannya.

8.     Pelanggaran HAM terhadap perempuan.
Kasus kekerasan yang dilakukan terhadap perempuan dan biasanya dilakukan oleh suami terhadap istri dan kasus ini terus meningkat dari tahun ke tahun.
Komentar : seorang suami seharusnya dapat mengatasi masalah dengan berdiskusi bukan dengan kekerasan. Kekerasan terhadap perempuan adalah salah satu contoh pelanggaran HAM.



9.     Pelanggaran HAM yang dilakukan pemerintah.
Komentar : kasus ini sering kita temukan di Negara kita pada masa orde baru. Korupsi adalah contoh melanggar HAM.

10.                 Pelanggaran HAM dalam kasus pembubaran demonstran di Pelabuhan Sape, Bima, Nusa Tenggara Barat. Pelanggaran HAM itu dilakukan polisi sampai menghilangkan nyawa manusia.
Komentar :
pelanggaran HAM lainnya yang terjadi berupa penghilangan hak untuk hidup, hak untuk tidak diperlakukan secara kejam, tidak manusiawi dan merendahkan derajat manusia, hak atas rasa aman, hak anak, hak atas kesehatan, dan hak milik.

0 komentar:

Posting Komentar